Piala Dunia 2006


FIFA Fussball-Weltmeisterschaft
Deutschland 2006
FIFA World Cup 2006 Logo.svg
Logo resmi Piala Dunia FIFA 2006
(Desain oleh Whitestone International)[1]
Informasi turnamen
Tuan rumah Flag of Germany.svg Jerman
Tim peserta 32 (dari 6 konfederasi)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Flag of Italy.svg Italia (gelar ke-4)
Statistik turnamen
Jumlah pertandingan 64
Jumlah gol 147 (2.3 per pertandingan)
Jumlah penonton 3.353.655 (52.401 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak Flag of Germany.svg Miroslav Klose (5 gol)




F: Selebrasi Italia (ist)
JERMAN terpilih kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006. 32 tim dari lima benua ambil bagian di perhelatan ini. Australia juga tampil dengan mewakili benua Oseania, mengikuti jejal Selandia Baru yang sudah lebih dulu merasakan di PD 1982.
 
Tidak banyak kejutan terjadi di PD kali ini. Semua tim unggulan lolos ke babak kedua. dan seluruh wakil Asia gagal lolos ke babak tersebut. Sementara wilayah CONCACAF (Amerika Utara dan Amerika Tengah) hanya menyisakan Meksiko dan Afrika menyisakan Ghana., serta Australia yang juga melaju.
 
Memasuki babak perempatfinal, pertandingan berjalan makin menarik. Argentina salah satu tim unggulan harus bertemu Jerman. Tuan rumah sukses melaju ke semifinal usai menang di babak adu penalti.
 
Prancis yang tampil kurang meyakinkan di babak pertama melanjutkan kebangkitannya dengan mengalahkan Brasil di perempatfinal, setelah sebelumnya juga menghentikan Spanyol di babak kedua.
 
Untuk pertama kalinya sejak 1982 pertandingan semifinal mempertemukan wakil Eropa, Italia, Jerman, Prancis, dan Portugal. Italia dan Jerman saling bersua, sementara Prancis menantang Portugal.
 
Italia suskes membungkam tuan rumah 2-0, melalui perpanjangan waktu. Dua gol tersebut diciptakan Fabio Grosso dan Alessandro Del Piero. Sementara Prancis menang tipis 1-0 atas Portugal melalui eksekusi penalty Zinedine Zidane.
 
Italia dan Prancis untuk kesekian kalinya harus bertemu. Di PD 1998, kedua tim bersua di pertempat final dan pada final Euro 2000 juga bersua. Kedua laga dimenangkan Prancis. Les Bleus unggul terlebih dahulu pada menit 7 melalui gol penalti Zidane. Italia mampu membalas 12 menit kemudian melalui gol tandukan Marco Materazzi.
 
Zidane dan Materazzi kembali menjadi pusat perhatian akibat sebuah insiden menit 110. Zidane menanduk Matrix, yang belakangan diketahui menghina Zidane. Akibatnya, kapten Ayam Jantan ini diusir wasit Horacio Elizondo.
 
Untuk kedua kalinya (setelah Piala Dunia 1994), pertandingan final harus berakhir dengan adu penalti. David Tregezuet gagal mengeksekusi penalti, dan Italia pun menang 5-3 untuk melengkapi gelar juara menjadi empat kali.

0 komentar: