Piala Dunia 1990



Italia '90
1990 Football World Cup logo.png
Logo resmi Piala Dunia FIFA 1990
Informasi turnamen
Tuan rumah Flag of Italy.svg Italia
Tim peserta 24 (dari 5 konfederasi)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Flag of Germany.svg Jerman (gelar ke-3)
Statistik turnamen
Jumlah pertandingan 52
Jumlah gol 115 (2.21 per pertandingan)
Jumlah penonton 2.517.348 (48.411 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak Flag of Italy.svg Salvatore Schillaci (6 gol)

f: ist
ITALIA terpilih kembali menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 1990. Piala Dunia kali ini dianggap sebagai Piala Dunia yang paling membosankan. Italia dengan strategi Cattenaccio, ternyata membawa pengaruh pada permainan tim lain yang juga cenderung bertahan.
 
Argentina sebagai juara bertahan harus menelan kekalahan 0-1 dari Kamerun di laga pembuka. Roger Milla menjadi bintang Kamerun di PD kali ini. Namun, Tim Tango tetap melaju ke babak 16 besar.
 
Italia, Uruguay, Rumania, Irlandia, Spanyol, Yugoslavia, Brasil, Argentina, Jerman Barat, Belanda, Cekoslovakia, Kosta Rika, Inggris, Belgia, kamerun dan Kolmbia adalah konstestan yang lolos ke babak 16 besar.
 
Langkah tuan rumah terhenti di semifinal setelah takluk dari Argentina melalui babak adu penalti. Sementara Jerman Barat mengalahkan Inggris juga melalui babak adu penalti. Laga final mempertemukan Jerman melawan Argentina.
 
Antiklimaks kembali terjadi di laga pamungkas ini. Hanya satu gol tercipta dan itu pun melalui tendangan penalty Andreas Brehme pada lima menit pertandingan tercipta. Diego Maradona tidak bisa berbuat banyak karena mendapat pengawalan ekstra ketat.
 
Franz Beckenbauer mencatatkan diri sebagai orang pertama yang sukses merebut trofi Piala Dunia kala menjadi pemain dan kapten di PD 1974 dan saat menjabat pelatih di PD 1990 ini

0 komentar: