Inggris

Data
Asosiasi : The Football Association
Julukan : The Three Lions
Seragam : Putih-Hitam
Kapten : John Terry
Pelatih : Fabio Capello
Profile Singkat

INGGRIS adalah salah satu kekuatan besar di kancah sepakbola internasional. Selain Brasil, The Three Lions merupakan salah satu negara yang paling sering tampil di Piala Dunia.

Dahulu, negara yang terdiri dari banyak pemain bintang ini terkenal sulit menghadapi tim besar. Bukan hanya itu, Inggris juga tidak memiliki mentalitas yang diperlukan dalam pertandingan-pertandingan penting.

Namun, hal itu berubah sejak Fabio Capello ditunjuk untuk menangani John Terry dkk. Inggris memastikan tampil di Piala Dunia 2010 setelah menjadi juara di Kualifikasi Grup 6 Piala Dunia 2010.

Ini merupakan ke-13 kali, The Three Lions berhasil tampil di Piala Dunia. Sayang, hingga kini, Inggris baru satu kali mentasbihkan diri menjadi juara dunia pada 1966 silam.

Ketika itu, The Three Lions berhasil menjadi juara setelah menumbangkan Jerman Barat di babak final dengan skor 4-2, lewat hat-trick yang disumbangkan mantan pemain Geoff Hurst.

Mesin Gol Wayne Rooney

Rooney sudah menjadi salah satu pemain andalan ketika Timnas Inggris masih dibesut Sven-Goran Eriksson pada musim 2003 silam. Ketika itu, bomber andalan Manchester United tersebut sempat menjadi pemain termuda yang membela Inggris.

Rooney melakukan debut saat The Three Lions berhadapan dengan Australia, 12 Febuari 2003 silam. Namun, tidak lama kemudian rekor itu berhasil dipecahkan Theo Walcott pada bulan Juni 2006. Ketika itu Walcott unggul 36 hari.

Kini, Rooney juga menjadi salah satu andalan Capello di Piala Dunia 2010. Arsitek asal Italia itu berharap Rooney bisa memberikan banyak gol buat Timnas Inggris di Afrika Selatan nanti.

0 komentar: