Piala Dunia 1930

WorldCup1930lposter.jpg
Informasi turnamen
Tuan rumah Flag of Uruguay.svg Uruguay
Tim peserta 13 (dari 3 konfederasi)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Flag of Uruguay.svg Uruguay (gelar ke-1)
Runner-up Silver medal blank.svg Flag of Argentina (alternative).svg Argentina


Statistik turnamen
Jumlah pertandingan 18
Jumlah gol 70 (3.89 per pertandingan)
Jumlah penonton 434.500 (24.139 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak Flag of Argentina (alternative).svg Guillermo Stábile, 8 gol









PIALA Dunia 1930 adalah Piala Dunia perdana yang diselenggarakan di Uruguay, Montevideo. Uruguay yang juga menjadi juara Olimpiade, dipilih sebagai penyelenggara pertama kejuaran sepakbola yang kini menjadi turnamen terbesar di jagad ini.

Di Piala Dunia ini tidak menggunakan sistem kualifikasi dan hanya menggunakan undangan. Tim dari benua Eropa menolak ikut berpartisipasi karena kendala transportasi. Hanya empat tim Eropa yang turut serta yakni Belgia, Prancis, Rumania dan Yugoslavia.

Ada 13 tim yang ambil bagian pada turnamen FIFA pertama ini dan terbagi dalam empat grup. Grup 1 yang berisikan Argentina, Chili, Prancis dan Meksiko. Grup 2 ditempati oleh Yugoslavia, Brasil dan Bolivia. Sementara Grup 3 ada Uruguay, Rumania dan Peru. Pada Grup 4 diisi oleh Amerika Serikat, Paraguay dan Belgia.

Babak gugur hanya mengambil juara grup dan langsung menuju ke empat besar. Laga semifinal mempertemukan Argentina melawan AS dan Uruguay versus Yugoslavia. Skor keduanya berakhir sama yakni 6-1 untuk kemenangan Argentina dan Uruguay.

Argentina dan Uruguay pun bertemu di laga final, dan berkesudahan 4-2 untuk kemenangan Uruguay. Gol tuan rumah dicetak oleh Pablo Dorado (12), Pedro Cea (57)
Victoriano Santos Iriarte (68) Hector Castro (89). Gol balasan Argentina dicetak Carlos Peucelle (20) dan Guillermo Stabile (37).

Jadilah Uruguay sebagai tim pertama yang menyandang gelar juara dunia pada tahun 1930. Sejak Piala Dunia perdana ini, sudah dimainkan pada pertengahan tahun yakni bulan Juli. Ini merujuk pada musim panas yang biasanya memang terjadi di pertengahan tahun

0 komentar: