Piala Dunia 1970




1970 FIFA World Cup (Bhs. Inggris)
Copa Mundial de Fútbol de 1970 (Bhs. Spanyol)
WorldCup1970logo.jpg
Logo Resmi Piala Dunia FIFA 1970
Informasi turnamen
Tuan rumah Flag of Mexico.svg Meksiko
Tim peserta 16 (dari 5 konfederasi)
Tempat penyelenggaraan (di 5 kota)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Bendera Brasil Brasil (gelar ke-3)
Runner-up Silver medal blank.svg Flag of Italy.svg Italia
Peringkat Ke-3 Bronze medal blank.svg Flag of Germany.svg Jerman Barat
Peringkat Ke-4 Flag of Uruguay.svg Uruguay
Statistik turnamen
Jumlah pertandingan 32
Jumlah gol 95 (2.97 per pertandingan)
Jumlah penonton 1.603.975 (50.124 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak Flag of Germany.svg Gerd Müller

(10 gol)
Kartu Kartu Kuning 33 (1.03 per pertandingan)
Kartu Diberi kartu kuningDiberi kartu kuning keduaDiberi kartu merah (0 per pertandingan)
Kartu Kartu Merah (0 per pertandingan)



f: ist
UNTUK pertama kalinya Piala Dunia digelar di kawasan Amerika Tengah. Piala Dunia 1970 ini juga diikuti peserta asal Afrika pertama sejak Perang Dunia II, Maroko.

Piala Dunia ini masih diikuti oleh 16 tim peserta, yang terbagi dalam empat grup di babak pertama. Meksiko, Brasil, Peru, Uruguay, Inggris, Jerman Barat, Italia, Uni Soviet, Belgia, Bulgaria, Cekoslovakia, Swedia, Israel, Maroko, Rumania dan El Salvador.

Banyak pihak yang mengatakan bahwa Piala Dunia ini adalah salah stau gelaran PD terbaik sepanjang sejarah. Brasil, Italia, Jerman Barat, Inggris sebagai juara bertahan saling adu kekuatan dan unjuk kebolehan.

Brasil melaju ke final usai mengalahkan Uruguay 3-1 di semifinal. Sementara Italia masuk final setelah menghentikan Jerman Barat, yang sebelumnya sukses membalas dendam atas Inggris di perempat final.

Laga Italia melawan Jerman Barat memperihatkan pengorbanan besar seorang Franz Beckenbauer. Der Kaiser tetap di lapangan meski tulang bahunya bergeser dan terpaksa menggunakan penahan lengan. Sayangnya, Jerman tetap kalah dari Italia 4-3 di babak perpanjangan waktu.

Kelelahan membuat Italia tak berkutik di hadapan Brasil kemudian kalah 4-1. laga ini dianggap laga tercantik selama Piala Dunia. Bintang Brasil adalah Pele, yang pada Piala Dunia 1958 ia dianggap masih terlalu muda, pada 1962 Pele mengalami cedera.

Gol ke-100 Pele ditambah gol Gerson, Jairzinho, dan Carlos Alberto mengantar kemenangan tim Samba, hingga Brasil berhak menyimpan trofi Jules Rimet selamanya, sebagai pengakuan tiga kali juara.

0 komentar: