Piala Dunia 1986





Mexico 86
1986 FIFA World Cup logo.gif
Logo resmi Piala Dunia FIFA 1986
Informasi turnamen
Tuan rumah Flag of Mexico.svg Meksiko
Tim peserta 24 (dari 5 konfederasi)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Flag of Argentina.svg Argentina (gelar ke-2)
Statistik turnamen
Jumlah pertandingan 52
Jumlah gol 132 (2.54 per pertandingan)
Jumlah penonton 2.393.331 (46.026 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak Flag of England.svg Gary Lineker (6 gol)


F: Gol Tangan Tuhan Maradona (ist)
MEKSIKO kembali terpilih sebagai tuan rumah untuk kedua kalinya. Keputusan pemilihan Meksiko diambil FIFA setelah Kolombia mengundurkan diri karena alasan finansial. Ini adalah tuan rumah kedua bagi Meksiko setelah PD 1970.

Meksiko juga sempat mendapat kendala setelah negara mereka hancur karena gempa besar yang menewaskan hampir 30 ribu orang lebih. Bencana alam ini hampir membuat Meksiko batal menjadi tuan rumah. Namun, Asosiasi Sepakbola Meksiko menyatakan tetap siap setelah sebagian besar stadion tidak hancur.
 
Format yang digunakan tidak jauh berbeda dengan Spanyol 1982, ke-24 tim finalis dibagi dalam enam grup. Perbedaannya, pada putaran kedua, yang diikuti 16 tim, menggunakan sistem gugur.

Piala Dunia 1986 adalah milik Diego Armando Maradona. Selain Pele, Hanya Maradona yang mampu mengantarkan timnya sendirian menjadi juara. Aksi yang paling dikenang tentu saja pada laga perempatfinal melawan Inggris. Maradona melakukan gol tangan Tuhan dan mencetak salah satu gol terbaik sepanjang sejarah PD, dengan menggiring bola dari garis tengah dan melewati lima pemain Inggris.

Argentina menjadi juara setelah menaklukan Jerman 3-2, dan Maradona terpilih sebagai The Player of the Tournament.

0 komentar: