Piala Dunia 2002

2002 FIFA 월드컵 한국/일본
2002 FIFAワールドカップ 韓国/日本
Logo Piala Dunia FIFA 2002.png
Logo resmi Piala Dunia FIFA 2002
Informasi turnamen
Tuan rumah Flag of South Korea.svg Korea Selatan
Flag of Japan.svg Jepang
Tim peserta 32 (dari 5 konfederasi)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Flag of Brazil.svg Brasil (gelar ke-5)
Statistik turnamen
Jumlah pertandingan 64
Jumlah gol 161 (2.52 per pertandingan)
Jumlah penonton 2.705.197 (42.269 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak Flag of Brazil.svg Ronaldo (8 gol)[1]
 


  

UNTUK pertama kalinya gelaran Piala Dunia keluar dari benua Eropa dan Amerika. Asia dengan diwakili Korea Selatan dan Jepang ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah event paling akbar ini. 
Banyak kejutan yang terjadi di PD 2002 ini. Salah satunya adalah tumbangnya juara bertahan Prancis di laga pembuka oleh Senegal. Prancis sendiri akhirnya harus angkat koper lebih dulu setelah tersingkir di babak penyisihan grup tanpa mampu mencetak satu gol pun.

Kejutan lainnya adalah lolsonya Korea Selatan dan Jepang ke babak 16 besar. Korsel yang paling fenomenal. Sukses menumbangkan Portugal di babak awal, dilanjutkan dengan mengalahkan Italia 1-2 di 16 besar dengan kemenangan penuh kontroversi, dan menyudahi langkah Spanyol di perempat final. Langkah Korsel terhenti di babak semifinal oleh Jerman.

Sementara itu, Turki juga membuat kejutan dengan lolos ke semifinal, namun takluk oleh Brasil. Turki menjadi juara ketiga usai mengalahkan Korsel 3-2. Striker Hakan Sukur memecahkan rekor gol tercepat Piala Dunia di laga ini.

Partai final mempertemukan Brasil melawan Jerman. Tampil tanpa Michael Ballack yang terkena akumulais kartu kuning, Tim Panser bermain kurang menggigit. Sementara itu Tim Samba tampil dengan kekuatan penuh, termasuk Ronaldo yang mencetak dua gol kemenangan Brasil. Ronaldo sendiri terpilih sebagai pemain terbaik dan juga pencetak gol terbanyak dan Brasil sukses mengoleksi lima gelar juara.

0 komentar: