Brasil

Data
Asosiasi : Confederacao Brasileira de Futebol
Julukan : Selecao
Seragam : Kuning-Biru
Kapten : Lucio
Pelatih : Carlos Dunga
Profile Singkat

BRASIL merupakan negara yang paling sukses di kencah Piala Dunia. Betapa tidak, Tim Samba berhasil mengemas lima kali gelar juara dunia yakni pada 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002.

Penunjukan Carlos Dunga, 2006 pada silam, memang sempat mendapatkan kritikan dari media massa setempat. Sebab, pengalaman yang dimiliki eks gelandang timnas Brasil itu dinilai masih minim.

Namun, Dunga mampu menjalankan tugas dengan baik. Pelatih 46 tahun tersebut berhasil membawa Brasil lolos ke Piala Dunia dengan predikat juara Zona Amerika Selatan.

Kendati tergabung dalam Grup G pada Piala Dunia 2010 bersama Portugal, Pantai Gading, Korea Utara dan Selandia Baru, namun Ricardo Kaka dkk masih menjadi negara unggulan untuk menambah koleksi gelar.

Samba ala Kaka

Brasil memang memiliki segudang pemain hebat. Namun, pemain andalan skuad besutan Dunga itu di Afrika Selatan nanti adalah Kaka. Pemain 27 tahun ini akan tampil untuk kali ketiga di Piala Dunia.

Kaka melakukan debut pertama kali pada ajang pertandingan persahabatan melawan Bolivia, 31 Januari 2002 silam. Sejak saat itu, dia menjadi salah satu pemain andalan Brasil.

Hebatnya, Kaka langsung menggusur dominasi Ronaldinho Gaucho yang sebelumnya menjadi pemain andalan Brasil. Tak heran tim sekelas AC Milan langsung menggaetnya dari Sao Paulo.

0 komentar: