Piala Dunia 1938


Coupe du Monde 1938

WorldCup1938poster.jpg
Logo resmi Piala Dunia FIFA 1938
Informasi turnamen
Tuan rumah Flag of France.svg Perancis
Tim peserta 15 (dari 4 konfederasi)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Flag of Italy (1861-1946).svg Italia (gelar ke-2)
Runner-up Silver medal blank.svg Flag of Hungary.svg Hongaria
Peringkat Ke-3 Bronze medal blank.svg Flag of Brazil (1889-1960).svg Brasil
Peringkat Ke-4 Flag of Sweden.svg Swedia
Statistik turnamen
Jumlah pertandingan 18
Jumlah gol 84 (4.67 per pertandingan)
Jumlah penonton 483.000 (26.833 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak Flag of Brazil (1889-1960).svg Leônidas (7 gol)
f: ist
ITALIA sebagai juara bertahan, langsung masuk otomatis ke putaran final Piala Dunia 1938. Prancis ditunjuk sebagai tuan rumah dan menjamu 15 negara peserta. Format yang digunakan pada PD kali ini masih sama dengan PD 1934.



Tim peserta kali ini adalah Italia, Norwegia, Prancis, Belgia, Brasil, Polandia, Cekoslovakia, Belanda, Hongaria, Hindia-Belanda (Indonesia), Swiss, Jerman, Swedia, Austria, Kuba, Rumania.



Di Piala Dunia inilah Indonesia yang dulu masih bernama Hindia Belanda, ikut berpartisipasi. Sayang, langkah Indonesia harus terhenti di babak pertama dan takluk enam gol tanpa balas dari Hungaria. Tercatat, Indonesia adalah negara Asia pertama yang ikut ambil bagian di Piala Dunia.



Prancis yang kali ini didapuk sebagai tuan rumah oleh FIFA. Prancis menyediakan 10 venue sebagai tempat berlansgungnya laga. Hanya, langkah Prancis harus terhenti di babak kedua, dan kalah dari Italia 1-2.



Hongaria melesat dan mampu menembus laga final, usai mengalahkan Swedia 5-1 di semifinal. Sementara Italia mengalahkan Brasil 2-1 di laga semifinal lainnya. Partai final pun mempertemukan Italia vs Hongaria.



Ada cerita menarik di laga final ini, dimana sebelum laga pemimpin otoriter Italia Benito Mussolini mengirimkan telegram kepada pemain Italia. isi telegram itu adalah Vincere o morire! (Menang atau mati!). Semua pemain pun tidak bisa bermain lepas dan Hongaria dengan sengaja memberikan kemenangan kepada Italia demi menyelamatkan nyawa. Jadilah Italia mempertahankan gelar Piala Dunia.

0 komentar: